Home / Adventorial / Daerah

Selasa, 8 Desember 2020 - 14:43 WIB

Bawang Putih Jangkiriah Adro dari Kerinci akan Menjadi Varietas Unggul Nasional

BOGOR – Jumat, 4 Desember 2020, Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi Jon Hendri, M.Si mengikuti sidang pelepasan varietas Padi Payo kerja sama antara pemerintah daerah Kabupaten Kerinci dengan BATAN, yang dihadiri oleh Bupati Kerinci Dr. Adirozal, M.Si di Hotel Salak Heritage Bogor. Hasil sidang meloloskan dua calon varietas unggul padi payo dari Kabupaten Kerinci dengan melengkapi persyaratan perbaikan dokumen.

Di tempat yang sama setelah selesai sidang pelepasan varietas yang diselenggarakan oleh tim PVPT dilanjutkan dengan penyerahan proposal dan kelengkapan dokumen pendaftaran varietas Bawang Putih Jangkiriah Adro untuk komersialisasi ke Sekretariat Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian yang diterima oleh Wiji Astutiningsih M.Si.

Baca juga :   Ketua Askab PSSI Yuldi Herman, Jadikan Pertandingan Antar Desa ini Ajang Membangun Silahturahmi Dan Persatuan Antar Desa

Selanjutnya Bupati Kerinci beserta tim pendaftaran varietas Bawang Putih Jangkiriah Adro dari BPTP Balitbangtan Jambi, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi dan UPTD BPSPT Provinsi Jambi bertemu dengan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Sekretaris Dirjen Hortikultura Dr. Retno Mulyandari yang dilaksanakan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Bogor.

Sekretaris Dirjen Hortikultura dalam sambutannya sangat senang bisa bertemu dengan Bupati Kerinci dan tim pendaftaran varietas bawang putih dari Jambi dan menyatakan dengan adanya pendaftaran bawang putih lokal Kerinci Jangkiriah Adro yang memiliki ciri khusus batang lebih kokoh, warna daun lebih tua (hijau zaitun) dan lebar, ukuran siung lebih besar dan aroma lebih tajam (menyengat) sedangkan keunggulannya adalah diameter umbi lebih besar (4-6 cm), produksi lebih tinggi ( 10-14 ton/ha) serta tumbuh lebih baik pada ketinggian 1500-1800 m dpl.

Baca juga :   Hansmoravia,ST.MSi Terpilih Sebagai Ketua Umum IPPOS Periode 2022-2024

Ini diharapkan dapat menjadi subsitusi impor bawang putih dan menggairahkan budidaya bawang putih nasional. Bawang Putih Kerinci Jangkiriah Adro ini juga menjadi pemecah kebuntuan setelah 25 tahun secara nasional tidak melepas varietas bawang putih.

Sidang pendaftaran varietas bawang putih Jangkiriah adro akan dilaksanakan tanggal 20 Desember 2020, semoga semua persyaratan dan dokumen yang sudah diberikan bisa meloloskan Bawang Putih Jangkiriah Adro dari Kerinci Provinsi Jambi menjadi varietas unggul nasional. (Adv)

Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Kerinci Adirozal: HUT PDAM Tirta Sakti Ke 32, Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Adventorial

Bupati H.Adirozal Beri Apresiasi Tim Paskibraka, Diundang ke Rumah Dinas.

Daerah

PJ.Sekda Kerinci, Asraf S.Pt. M.Si, Membuka Turnamen Sepak Bola Piala Raja Desa Seleman

Daerah

Bulog Kerinci Pastikan, Stok Beras Aman Hingga Pasca Lebaran

Daerah

Bupati Kerinci H.Adirozal Meresmikan Panti Asuhan Baitul Husna

Daerah

Kota Sungai Penuh Tuan Rumah Rakor Forkopimda Se- Provinsi Jambi

Daerah

Edar Sabu,Oknum Perangkat Desa di Kerinci Diamankan

Covid-19

Berlakukan Larangan Mudik, Pj. Sekda Kerinci Minta Masyarakat Ikuti Aturan