Home / Daerah

Senin, 27 Juni 2022 - 17:24 WIB

Bupati Kerinci Sampaikan, Kegiatan GTRA Memiliki Arti Penting Dalam Tatanan Kehidupan

Inbrita.com, Kerinci: Bupati Kerinci Adirozal membuka secara resmi rapat koordinasi gugus tugas reforma agraria (GTRA), yang berlangsung di aula Panti asuhan M.Rohana, Senin (27/06/2022).

Dalam sambutannya Adirozal mengatakan pelaksanaan kegiatan GTRA memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali kehidupan bersama yang berkeadilan sosial.

Reforma agraria merupakan tugas pemerintah yang harus dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga terkait. Sehingga harus ada sinergi antara badan pertanahan nasional dan pemerintah daerah serta instansi terkait dalam proses pelaksanaannya.

“Tujuan reforma agraria di antaranya, mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan, menangani sengketa dan konflik agraria dan panduan pelaksanaan GTRA,” ungkapnya.

Baca juga :   Pj. Bupati Kerinci Asraf, Pantau Pemusnahan Logistik Pemilu 2024

Adirozal juga mengutarakan bahwa untuk mewujudkan tujuan tersebut telah dibentuk kelembagaan penyelenggaraan reforma agraria di tingkat pusat dan daerah.

” Latar belakang terbentuknya reforma agraria Pusat/Provinsi dan Daerah berdasarkan keputusan Menteri agraria dan tata ruang atau kepala pertanahan Nasional nomor 79/SK-LR.07/1/2019,” tambahnya.

Untuk itu, ia meminta kepada tim gugus tugas reforma agraria dan semua pihak yang terlibat dalam tim ini untuk melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan sungguh-sungguh sesuai aturan.

Baca juga :   HARPI Kota Sungai Penuh Adakan Kunker ke Bangka Belitung

“Karena kita ketahui reforma agraria dapat mengatasi berbagai persoalan, seperti sengketa konflik agraria, alih fungsi lahan pertanian yang masif, kesenjangan sosial dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, sebagai Pemerintah daerah dan mewakili masyarakat serta pemangku kepentingan reforma agraria yang hadir, Bupati adirozal mendukung sepenuh nya dalam mengatasi permasalahan reforma agraria di Kabupaten Kerinci.

Berita ini 149 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Putra Kerinci Sabet Mendali Emas di Kejuaraan Kuju Cadet Championship Provinsi Jambi

Daerah

Kabid PIKP Dinas Kominfo Kerinci Vicko Parbo : Media Mitra Harus Lengkap Persyaratan 1 Media 1 Wartawan

Daerah

Pemkot Sungai Penuh Diminta Evaluasi Perizinan Kolam Renang

Daerah

Pj Sekda Alpian Hadiri Penyaluran BTPKLW

Adventorial

Bupati Kerinci H.Adirozal Apresiasi LPP TVRI Jambi

Daerah

Sekda Muaro Jambi Budi Hartono, S. Sos, MT Serah Bantuan Kepada Warga

Daerah

Ketua IWOI Kota Sungai Penuh dan Kerinci : Bantuan Ini Bentuk Solidaritas Kami

Daerah

Junaidi Waket I DPRD Muaro Jambi Bacakan Kongres Rakyat Jambi ke V