Home / Adventorial / Covid-19

Kamis, 30 September 2021 - 22:39 WIB

Pelantikan Pengurus PABPDSI Kabupaten Kerinci, Bahas Kinerja dan Kompensasi Anggota BPD

Inbrita.com, Kerinci-Ketua Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Provinsi Jambi Alhusoro melantik Pengurus daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia ( PA BPD SI ) Kabupaten Kerinci Periode 2021-2027 bertempat di ruang Pola Kantor Bupati Kerinci,Kamis (30/9/2021)

Pelantikan pengurus (PA BPD SI) tahun 2021- 2027 mengangkat tema” Dengan Semangat Pangkal Perjuangan Anggota BPD Bersatu Bermartabat menuju desa juara lahir bathin”.

Dalam kata sambutannya Ketua PA BPD SI kabupaten Kerinci Dr. Halil Khusairi M.Ag, mengatakan, beberapa bulan lalu Bupati Kerinci H Adirozal sudah memberi amanah untuk membentuk pengurus,dan menyampaikan bahwa BPD harus bersinergi dengan aparat desa dan bersama membangun desa, selain itu dirinya juga sudah melakukan kordinasi dengan DPRD Kabupaten Kerinci serta pemerintah daerah yaitu pemerintah desa

” Kita perlu Pemerintah desa yang cerdas sehingga paham akan tugasnya sebagai perangkat desa, sehingga tugas dari (PA BPD SI) ini menjadi penting “, ungkap Dr. Halil Khusairi M.Ag

Lebih lanjut Halil Khusairi menegaskan BPD perlu di perjuangan terkait dengan kesejahteraannya,mengawasi penggunaan anggaran pemerintah desa, anggaran nya, serta kesejahteraannya.

Baca juga :   Gubernur Jambi Al Haris, Membuka Festival Kerinci ke XIX Tahun 2021

“Anggota BPD ini hasil pemilihan langsung,dipilih oleh masyarakat melalui proses Demokrasi”,ujar ungkap Dr. Halil Khusairi M.Ag

Sementara Alhusoro ketua PA BPD SI Provinsi Jambi juga mengatakan,Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus bermitra dengan pemerintah desa, mewujudkan desa yang aman dan nyaman.

“Kami mengharapkan tugas BPD harus dijalankan, Musrenbangdes harus dilaksanakan, jangan sampai BPD tidak mengerti anggaran desa,padahal dia mengesankan”,tegas Alhusoro

Alhusoro menegaskan setelah pelantikan dan pengukuhan PA BPD SI Kabupaten Kerinci diminta untuk mendukung program pemerintah kedepanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kerinci, Redi Asri mewakili Bupati Kerinci dalam sambutanya mengatakan, BPD adalah lembaga legislatif di tingkat desa,tugas dan wewenangnya sama sepertiga DPRD di Tingkat Kabupaten ataupun kota, dan itu diatur dalam undang – undang desa.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kerinci, Edminudin ketika diwawancarai juga mengungkapkan,bahwa PABPDSI dibentuk pemerintah untuk menampung aspirasi pengurus BPD. Ini Perlu koordinasi yang baik dengan Pemerintah daerah dan DPRD agar programnya berjalan,nanti, BPD akan dilibatkan dalam reses anggota DPRD untuk ditampung aspirasinya.

Baca juga :   32 Warga Positif Covid-19, 3 Desa Pungut Ditetapkan Zona Merah

“setelah dikukuhkan dan dilantik berharap BPD mampu bersinergi dengan kepala desa dalam membangun, dan jangan buat banyak gaduh,BPD dan DPRD tidak jauh beda dalam fungsi, di antaranya fungsi penganggaran, fungsi pengawasan dan yang ketiga kalau di DPRD fungsi pembuat Perda sedangkan BPD fungsi pembuat Peraturan Desa” ujar Edminudin

Selain itu kepala Dinas PMD Kabupaten Kerinci Syahril Hayadi,juga mengatakan, bahwasanya BPD merupakan mitra kerja bagi pemerintah, selain itu syahril menangapi tentang insentif BPD, bahwasanya harapan insentif BPD bisa di tingkatkan, sebab kinerja BPD cukup Berat Kedepanya.

Pengukuhan dan pelantikan ini berlangsung dengan hidmat, peserta yang hadir menerapkan protokol kesehatan

Hadir Ketua PA BPD SI PROVINSI Jambi Alhusori, Ketua DPRD kabupaten Kerinci Edminuddin, Bupati kerinci diwakili oleh Kaban Kesbangpol kabupaten Kerinci Redi Asri, SH. M.H , Dandim Kerinci 0417 yang di wakili oleh Pabung 0417 Mayor Inf liswar, Kapolres kerinci yang diwakili oleh Kanit Intel IPDA Sugiarto,serta di hadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kerinci Syahril Hayadi.
(Es)

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Adventorial

Bupati Kerinci Adirozal Ingatkan Taat Membayar Pajak

Covid-19

Pemkot Sungai Penuh Gelar Rapat Evaluasi Capaian Target Vaksinasi

Adventorial

Wabup dan Sekda Kerinci Olahraga Bersama Forkopimda di Desa Sebukar

Adventorial

Tingkatkan Minat dan Bakat Siswa, Dinas Pendidikan Sungai Penuh Gelar Lomba Jenjang SD dan SMP

Covid-19

Terpapar Covid-19 Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Covid-19

HUT RI ke-77 Ketua DPRD H.Fajran Bacakan Teks Proklamasi

Adventorial

Sekda Alpian Menjadi Orang Pertama Yang di Suntikkan Vaksin Sinovac

Covid-19

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Aturan Nataru Disiapkan