Home / Nasional / Olah raga

Senin, 15 November 2021 - 01:16 WIB

Indonesia Siap Gantikan Vietnam Tuan Rumah APG

Inbrita.com, Jayapura: Spekulasi mengenai pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) ke-11 yang dijadwalkan bakal digelar di Vietnam pada tahun depan perlahan mulai menemui titik terang. APSF telah mengirim surat resmi kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia perihal nasib APG.

Peluang Indonesia untuk menggelar APG 2022 sedikit terbuka karena hal itu telah sempat dibicarakan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo saat menemani beliau menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura, kemarin,” kata Senny Marbun, Minggu (14/11/2021).

Baca juga :   Seleksi Ketat, Lima Putra Terbaik dari Kota Sungai Penuh Ikut Seleksi Timnas Ajang Sepak Bola

Untuk memperjelas nasib APG 2022, Vietnam Paralympic Associaton (VPA) Vietnam telah mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF), Osoth Bhavilai dan negara-negara anggota APSF termasuk Indonesia.

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam/VPA, Huynh Vinh Ai, berisikan penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022.

Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG 2022 karena tingginya gelombang keempat penyebaran Covid-19 di Vietnam.

Selain masih tingginya kasus aktif Covid-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus Covid-19 di negara-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah APG 2022.

Baca juga :   IAIN Kerinci Diberikan Peluang Tiga Beasiswa Full Tahun 2023

Melihat situasi yang kini terus berkembang dan tidak bersedianya Vietnam menggelar APG 2022, muncul rencana dari NPC Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

“Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam,” tambah Senny.

Senny menambahkan, untuk proses selanjutnya menjadi tuan rumah APG 2022 akan menunggu surat dukungan dari Presiden atau pemerintah.

“Intinya kita siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 jika nantinya ditunjuk oleh Federasi Para Sports Asia Tenggara,” tandas Senny.

Sumber: rri.co.id

Berita ini 98 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Olah raga

Wakil Walikota Alvian Santoni Lepas Tim Persikota Mengikuti Kompetisi Liga Tiga

Nasional

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci ,Raih Penghargaan Nilai Pengelolaan Laporan Harian Intelijen “TERBAIK III”

Dinamika

Mantan Calon DPD RI Asal Kerinci Ditahan Polresta Jambi

Adventorial

Walikota Ahmadi Zubir Terima Penghargaan “Indonesian The Best Innovation Mayor 2021”

Nasional

Wako Ahmadi Menghadiri Pencanangan GNPIP Provinsi Jambi

Dinamika

H. Adirozal Bangga,Kerinci Mampu Menjadi Daerah Pengekspor Kopi Arabica

Olah raga

Pemkab Kerinci Ciptakan Kebersamaan Dengan Berolahraga

Adventorial

Dr. Alvia Santoni, S.E,M.M raih penghargaan bergengsi Best Inspiring Leadership dan Profesional 2021 dari Majalah Penghargaan Indonesia Awards 2021