Home / Daerah

Selasa, 3 Januari 2023 - 14:42 WIB

Pj Bupati Muaro Jambi Resmi Launching Program BAAS

Muaro Jambi,inbrita.com- Dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Muaro Jambi. Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah secara resmi melaunching program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS),bertempat di Kecamatan Mestong, Selasa (03/01/23).

Bachyuni Deliansyah menjelaskan stunting menjadi permasalahan yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak.Dimana Kabupaten Muaro Jambi adalah salah satu Kabupaten Prioritas Provinsi Jambi dalam Percepatan penurunan Stunting Tahun 2022.

“Berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tercatat memiliki angka Prevalensi Stunting sebesar 27,20 persen di tahun 2021,” katanya.

Katanya,Pemerintah Provinsi Jambi telah menargetkan Prevalensi Penurunan Angka Stunting Kabupaten Muaro Jambi sebesar 14,8 persen pada tahun 2024 mendatang.Berkenaan dengan hal tersebut perlu semua pihak memberikan komitmen serta dukungan dalam upaya pengentasan Stunting di Kabupaten Muaro Jambi yaitu dengan Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi.

“Saya juga mengajak peran serta semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong-royong dalam menangani pencegahan Stunting di Kabupaten Muaro Jambi yang kita cintai, sehingga kita dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional Penurunan Stunting di angka 14 persen di tahun 2024,” bebernya.

Baca juga :   Pj Sekda Alpian Hadiri Penyaluran BTPKLW

Dia menjelaskan, secara bertahap intervensi penurunan Stunting di Kabupaten Muaro Jambi telah dapat dilaksanakan walaupun saat ini masih belum maksimal. Masih perlu upaya dan komitmen bersama secara terpadu dan berkelanjutan, diantaranya dengan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

“Dengan konsep program tersebut, para Bapak Asuh berperan sebagai donatur yang membantu melalui dana rutin yang disumbangkan setiap bulan, dengan target sasarannya berasal dari keluarga Stunting dan keluarga beresiko Stunting yakni calon pengantin, ibu hamil, dan anak Balita,” jelasnya.

Bachyuni Deliansyah mengajak seluruh Stakeholder, Kepala OPD, Camat, pimpinan dunia usaha, pimpinan Bank, kepala Puskesmas dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi agar dapat berpartisipasi menjadi Bapak Asuh Anak Stunting sesuai dengan Daftar Intervensi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang telah ditetapkan dengan mengeluarkan dana Rp. 450.000 setiap bulan selama 6 bulan sesuai panduan / Petunjuk tehknis.

Baca juga :   Walikota Ahmadi Zubir Hadiri ISPE 2022

“Saat ini Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) telah dilaksanakan dengan melibatkan kepala OPD, dukungan Dunia Usaha melalui Forum Corporate Sosial Responsibilty (CSR), Camat, Kepala Puskesmas se- Kabupaten Muaro Jambi, dan sudah menjangkau Kelompok Sasaran sebanyak 900 Keluarga Stunting, dengan rincian 178 dari OPD dan 722 dari Dunia usaha,” katanya.

Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) ini merupakan komitmen dirinya selaku Kepala Daerah yang merupakan praktik baik (Best Practice) dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Jambi dan dapat dijadikan contoh oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang secara aktif berperan dalam mensukseskan Program-Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Muaro Jambi,” tukasnya.

Acara ini juga dihadiri Sekda Budhi Hartono, Kajari Muaro Jambi , dan seluruh instansi terkait.(Renggi)

Berita ini 146 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Wako Ahmadi & Wawako Antos Hadiri Paripurna Istimewa DPRD Kota Sungai Penuh

Adventorial

Pencanangan dan Penandatanganan Komitmen Bersama, Bupati Adirozal: Jangan Ada Birokrasi Yang Berbelit-belit

Daerah

Kota Sungai Penuh Menjadi Tuan Rumah Pemeran Ekraf 2022

Adventorial

Wako Ahmadi Sampaikan KUA-PPAS 2022

Adventorial

Pemda Kabupaten Kerinci Kumpulkan Dana untuk Korban Kebakaran di Tanjab Timur

Adventorial

Pj. Sekda Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Lolo Hilir

Daerah

Anggota DPRD Robinson Sirait Apresiasi Pemda Muaro Jambi

Daerah

Gempa Sumatera Barat di Rasakan Masyarakat Sungai Penuh