Home / Daerah / Dinamika

Jumat, 19 Februari 2021 - 15:07 WIB

Rapat Pleno Terbuka, KPU Kota Sungai Penuh Tetapkan Pasangan Ahmadi – Antos Pemenang Pilkada

Sungai Penuh – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sungai Penuh menetapkan paslon terpilih dalam Pilkada 2020 hari ini, Jum’at (19/02/2021). Penetapan baru bisa dilaksanakan setelah gugatan salah satu paslon Pilkada Sungai Penuh ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dan setelah adanya putusan penetapan paslon terpilih dari MK.

Sebelumnya diketahui, pihak dari paslon nomor urut 02 yakni Fikar Azami – Yos Adrino menyatakan keberatan dan menolak hasil rapat pleno KPU serta enggan menandatangani Berita Acara Penetapan. Penolakan dilakukan dengan alasan ada dugaan pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada yang merugikan paslon 02 hingga berujung mengajukan gugatan ke MK.

Setelah proses gugatan berjalan, akhirnya MK membacakan penetapan sengketa Penetapan Hasil Pemilu Kepala Daerah (PHPKada) Kota Sungai Penuh pada,Selasa (16/02/2021) lalu. Melalui amar putusan perkara nomor 67/PHP.KOT-IX/2021, Majelis Hakim Konstitusi menyatakan bahwa, permohonan pemohon paslon 02 tidak dapat diterima.

Baca juga :   Pj. Sekda Kerinci Asraf Ajak Masyarakat Menjaga lingkungan Yang Aman Dan Kondusif, Usai PSU Gubenur Jambi 2020

“Jadi dalam gugatan itu, tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah tapi MK memutuskan bahwa permasalahan yang diajukan itu ditolak oleh MK. Ini adalah merupakan jalur proses hukum yang merupakan hak dari pada setiap peserta, untuk mendapatkan kepastian hukum dan keputusan seadil-adilnya,” kata Ketua KPU Kota Sungai Penuh, Irwan kepada awak media usai Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih 2020 di Hotel Mahkota Sungai Penuh.

Baca juga :   Sholat Idul Fitri 1442 H Adirozal, Mohon Maaf Jika Ada Larangan Mudik Dari Pemerintah.

Setelah gugatan ditolak, MK kemudian menerbitkan putusan penetapan paslon terpilih dalam Pilkada Sungai Penuh 2020. Pasca putusan Mahkamah Konstitusi No 67/PHP.KOT-IX/2021 tersebut, KPU Kota Sungai Penuh kemudian menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih Dalam Pilwako Sungai Penuh 2020.

“KPU Kota Sungai Penuh telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka untuk menetapkan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh tahun 2020 yakni menetapkan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh Terpilih nomor urut 01 Ahmadi Zubir – Alvia Santoni dengan perolehan suara 28.783 suara atau 51,44 persen dari total suara sah,” tutupnya. (ES)

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Gempa Sumatera Barat di Rasakan Masyarakat Sungai Penuh

Daerah

Sekretariat DPRD Kota Sungai Penuh Raih Penghargaan Bendahara Pengeluaran Terbaik II (dua)

Adventorial

Ayo ikut Vaksinasi Bersama Sat Reskrim Kerinci,Ada Door Prize Nya…!

Daerah

Patung Pahlawan M.H.Athalib Akan Dipindahkan

Adventorial

IAIN Kerinci Hasilkan Belasan Lulusan Terbaik dan Berprestasi

Daerah

RRI Jambi Adakan Kerja Sama Dengan BMKG Depati Parbo Kerinci

Daerah

Breaking news, Penemuan Mayat Laki-laki di Bekas Irigasi PLTA Danau Lingkat

Daerah

Organisasi Minang Kerinci Kembali Mengadakan Sunatan Massal Gratis ke IX