Home / Budaya / Nasional / Travel

Sabtu, 4 Desember 2021 - 14:04 WIB

Tino Maryam Meraih Anugrah Maestro Nasional Tale tahun 2021

Inbrita.com, Sungai Penuh-Ibu Mariam yang lebih di kenal dengan panggilan Tino Mariam asal kota Sungai Penuh memasuki usia lebih tujuh puluh tahun, berhasil mengharumkan Provinsi Jambi di tingkat Nasional dengan meraih Penghargaan Anugrah Maestro Nasional Tale tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, untuk keahlian penutur tradisi lisan tale Nek Jei (tale keberangkatan naik Haji),atas prestasi ini Tino Mariam berhak mendapat hadiah berupa PIN emas 5 gram,uang lima puluh juta rupiah dan sertifikat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Sungai Penuh Zulwahdi saat diwawancarai membenarkan.
“Alhamdulillah, ibu Mariam yang lebih di kenal dengan panggilan Tino Mariam, beliau mampu meneruskan tradisi bertale yang merupakan tradisi leluhur untuk menyampaikan pesan pesan dan nasehat secara bertutur kepada keluarga anak atau pun orang tercinta secara lisan, kemampuan mengingat yang luar biasa dari Tino Mariam perlu di apresiasi , ini dilakukan tanpa teks”,ujar Zulwahdi

Baca juga :   Walikota Ahmadi Zubir Terima Penghargaan "Indonesian The Best Innovation Mayor 2021"

Devanan Munir keluarga dari Tino Maryam saat dikonfirmasi mengatakan,perasaan haru dan bangga, menurut nya, penghargaan bergengsi yang di berikan kepada Tino Maryam,adalah momentum untuk seniman Kota Sungai Penuh lainnya untuk bangkit berkarya,dan khusus Keluarga Besar Datuk Singarapi Dusun Empih mengucapkan Selamat kepada Tino Maryam sebagai pewaris Tale sekaligus Anak Batino kami.

Baca juga :   SAH Sukses Perjuangkan Vaksin Booster Gratis Bagi Lansia dan Warga Miskin

“Kami bangga Indonesia akan mengenang mu…Rasa Bangga dan Terharu Etek Maryam berhasil mendapat Anugrah Maestro Nasional Tale. Keberhasilan membangkitkan seniman Kota Sungaipenuh lainya untuk berkarya. Khusus Keluarga Besar Datuk Singarapi Dusun Empih”Ungkap Devanan Munir.

Lebih lanjut Devanan Munir mengatakan,usia tidak menghalangi Tino Maryam berkarya,sering dipanggil dalam setiap acara,dan dalam kehidupan sehari-hari Tino Maryam tinggal dirumah yg sangat sederhana , semoga dengan penghargaan ini menjadi berkah bagi beliau,tutup Depanan Munir.
(VR)

Berita ini 1,497 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika

SAH Perjuangkan Standar Upah Minimum Guru Honorer

Nasional

Ketum PWI Pusat, Atal S. Depari Tegaskan Karya Jurnalistik Wartawan Tidak Bisa Diintervensi

Daerah

HARPI Kota Sungai Penuh Adakan Kunker ke Bangka Belitung

Covid-19

Surat Edaran Terkait Nataru 2021 yang Dikeluarkan Nadiem Makarim

Nasional

Ombudsman RI Ajak Stakeholder Aktif Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Budaya

Wagub Jambi Abdullah Sani Hadiri Kenduri Sko di Tanjung Pauh Mudik

Nasional

SP RRI Sungai Penuh Menjadi Sarana Informasi Dan Komunikasi Masyarakat di Pelosok

Nasional

Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan, Apresiasi Kerja Keras Tim Gabungan