Home / Daerah

Senin, 12 September 2022 - 08:21 WIB

Wako Ahmadi : Depati Ninik Mamak Harus Paham Norma Adat Fungsi dan Tanggung Jawab

Inbrita.com,Sungai penuh – Walikota Kota Sungai Penuh Ahmadi didampingi Wakil Walikota Alvia Santoni dan Sekda Alpian hadiri kenduri Adat/Sko Desa Tanjung Bunga Kecamatan Tanah Kampung, Minggu (11/9).

Kedatangan Wako Ahmadi dan Wawako Antos disuguhka dengan atraksi Pencak Silat dan tari persembahan sekapur sirih serta disambut Aparat Pemerintah Desa, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Para Pemuda dan Masyarakat.

Wako Ahmadi dalam sambutannya, kenduri Sko merupakan wujud rasa syukur atas rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan Allah SWT. Serta mengukuhkan tokoh adat, seperti ninik mamak, hulu balang dan mengantikan pemangku adat yang harus berganti.

Baca juga :   Empat Club Old Star Akan Berlaga Merebut Piala FPPWD7 Cup 2022

” Kegiatan ritual kenduri Sko seperti ini perlu kita lestarikan, sesuai dengan pepatah adat, Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah, yang tidak lapuk di hujan dan lekang karena panas ” katanya

Melalui pelaksanaan kenduri Sko wako Ahmadi juga mengharapkan kepada depati ninik mamak benar-benar dapat memahami norma-norma adat yang telah diatur fungsi dan tanggung jawabnya bagi setiap pemakai.

” Apabila norma-norma adat memang benar-benar dapat dipegang oleh depati mamak dan seluruh pemangku adat, insyallah masyarakat kita akan hidup tentram, rukun dan damai” ungkapnya

Baca juga :   Cegah Covid-19, Pemberian Dosis ke 2 Dilaksanakan

Selain itu, Wako Ahmadi juga mengatakan, Pemkot Sungai Penuh saat ini tengah melaksanakan berbagai program prioritas, seperti pembangunan TPS3R untuk penaganan masalah sampah, membangun sumber daya manusia, melalui program satu rumah satu serjana dan juga membangun rumah tahfiz di setiap kecamatan dalam rangka membangun generasi muda berakhlak mulia.

” Komitmen Pemkot, Insyaallah akan tetap terjaga dalam membangun kesejahteraan masyarakat dalam bingkai maju berkeadilan ” tutupnya.

Turut menghadiri Para Anggota DPRD Kota Sungai Penuh , SKPD, dan Para Camat. (HMS)

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Adventorial

Pemkab Kerinci Terima Penghargaan WTP Dari Kementrian Keuangan RI

Daerah

Pemkab Kerinci Meraih Predikat WTP dari BPK, Ke 8 Kali Berturut-turut

Daerah

Ketua DPRD H.Fajran,SP,M.Si Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Daerah

Kepala Diskepora Don Fitri Jaya : Yang Lolos Seleksi Paskibraka Mereka Yang Memiliki Kemampuan

Adventorial

Cegah Covid-19, Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Minta Satgas Segera Bertindak

Covid-19

6 Pasien Positif Covid-19 di Kerinci Dinyatakan Sembuh, 18 Orang Masih Diisolasi

Daerah

Khincai Plaza Nyaris Dilalap Sijago Merah

Daerah

PWI-FORWARI Kerinci dan Sungai Penuh Gelar Bakti Sosial Sinergi TNI-POLRI HPN 2022,