Home / Adventorial / Daerah

Sabtu, 29 Mei 2021 - 15:03 WIB

Dengan Menerapkan Protokol Covid-19 Walikota Sungai Penuh H.Asyafri Jaya Bakri Meresmikan Gedung Museum Adat Tanah Sebingkeh Hamparan Rawang

Walikota Sungai Penuh H.Asafri Jaya Bakri meresmikan gedung Museum Adat Tanah Sebingkeh Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh.Sabtu (29/5/2021)

Dalam sambutannya H.Asafri Jaya Bakri mengatakan,Tanah Sebingkeh Hamparan Rawang adalah satu dari delapan Kecamatan di Kota Sungai Penuh yang ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya .
Peresmian Gedung Museum Adat ini adalah salah satu rangkaian Pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Sungai Penuh bersama dinas terkait.

“Selama 10 tahun kita semua sudah merintis,baik itu Infrastruktur jalan, Infrastruktur Pendidikan, Infrastruktur Kesehatan,Dan hari ini kita hantar Pembangunan di segi Kebudayaan “,ungkap Walikota Sungai Penuh H.Asafri Jaya Bakri

H.Asafri Jaya Bakri juga berharap,dengan dibangunnya gedung museum adat ini bukan hanya tempat barang peninggalan sejarah,tetapi juga bisa memberi manfaat untuk masyarakat,seperti bisa digunakan sebagai tempat pertemuan.Karena di zaman teknologi yang makin canggih harus bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,Adat bersendi Syarak,Syarak bersendi Kitabullah.Harus mampu merobah karakter generasi muda menjadi lebih baik.

Baca juga :   Walikota Ahmadi Zubir Gelar Coffe Morning Bersama Para Kafilah

Walikota Sungai Penuh diakhir masa Jabatan nya, mengajak semua masyarakat Kota Sungai untuk untuk mendukung kepemimpinan Walikota yang baru untuk membangun kota sungai penuh ini.

Kepala Dinas PUPR Kota Sungai Martin Kahpiasa Penuh juga mengatakan,untuk pembangunan Gedung Museum Adat Tanah Sebingkeh Kota Sungai ini,mulai dibangun dari tahun 2015 sampai 2017, dengan total anggaran Rp 8,3 Milayar.

Baca juga :   Pemerintah kota sungai penuh gelar Musrenbang 2021,susun RKPD 2022

Kepala Dinas pariwisata dan kebudayaan Kota Sungai Penuh Zulwahdi juga menjelaskan dibangunnya museum Adat Kota Sungai penuh ini bisa digunakan sesuai dengan fungsinya,dan meminta dukungan dari seluruh tokoh adat agar bisa menyampaikan kepada pemangku adat,agar dengan senang hati bisa menyelamatkan pusaka kuno yang ada di rumah -rumah adat untuk disimpan di museum ini.

Hadir dalam acara peresmian Gedung Museum Adat ini Walikota Sungai Penuh, Anggota DPRD Kota Sungai Penuh ,Kepala Dinas Terkait, Forkompinda , Camat,Kepala Desa,Tokoh masyarakat,Tokoh Adat,Pemuda.
Acara berjalan lancar,dengan mengikuti protokol Kesehatan.
(ES)

Berita ini 138 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Covid-19

Pj Sekda Asraf,S,Pt ,M.Si Masyarakat Yang Melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Fitri 1442 , Terapkan Protokol Kesehatan

Covid-19

Pemkot Sungai Penuh Gelar Rapat Evaluasi Capaian Target Vaksinasi

Daerah

Sekda Budhi Hartono,Terima Kunjungan Anggota DPR RI Komisi V

Daerah

Polres Kerinci Peduli Salurkan Sembako Untuk Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

Daerah

Wabup dan Sekda Kerinci Hadiri Ziarah Akbar Masyarakat 3 Desa Hiang Tinggi

Adventorial

Wawako & Satgas Pangan Sidak Pasar,Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Hari Raya Idul Fitri

Daerah

Satu Mobil Tertimbun Longsor Di Muara Emat

Adventorial

Sekda Asraf Bersama Kadis PMD Pimpin Rapat Evaluasi Pilkades Serentak