Home / Daerah

Sabtu, 4 Juni 2022 - 12:56 WIB

Wawako Antos : Ayo Minimalisasi Sampah menjadi Ekonomi Masyarakat,Sistim TPS3R.

INBRITA.COM, SUNGAI PENUH :Untuk mengatasi permasalahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Pemerintah Sungai Penuh akan mempercepat membangun sarana tempat daur ulang sampah yang disebut TPS3R. disetiap Desa.

TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual.

Program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan.

Baca juga :   Fadella & Fairel Guest House Tempat Istirahat Ternyaman di Kota Sungai Penuh

Wakil Wali Kota Sungai Penuh DR Alvia Santoni SE MM mengharapkan dengan keberadaan TPS 3R ini dapat menjadi alat pemacu semua pihak, terutama bagi generasi muda, sehingga semakin banyak orang- orang yang peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah skala rumah tangga,” kata Antos(4/6/2022)

Baca juga :   Safari Ramadhan di Kerinci Al Haris Serahkan Rp 245 juta Bantuan

Pihaknya juga mengimbau masyarakat dan menginstruksikan kepada SOPD terkait dalam beberapa hal sebagai berikut, kepada masyarakat kota Sungai Penuh agar mensukseskan dan mendukung keberadaan TPS 3R dengan cara ikut berpartisispasi mengelola sampah rumah tangga, di shodaqohkan ke TPS 3R atau menjadi penerima manfaat.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi melaksanakan kegiatan penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah di Kota Sungai Penuh,”ungkap Wawako Antos.

Berita ini 104 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Adventorial

Satpol PP Kota Sungai Penuh Sosialisasi Ketertiban PKL 

Daerah

Organisasi Minang Kerinci Kembali Mengadakan Sunatan Massal Gratis ke IX

Daerah

Plt.Kadishub Yulisman : Truk Jangan Melintas di Jembatan Kerinduan.

Daerah

Sekda Budhi Hartono : Anggota PPS yang Dilantik Bekerja Sesuai Tupoksinya .

Daerah

Wako Ahmadi Hadiri RUPS Bank Jambi

Daerah

Petugas Kebersihan Drainase Dinas LH:Jangan Buang Sampah Kedalam Drainase

Daerah

Harga Ikan Tawar Stabil di Sungai Penuh

Daerah

Pemkab Kerinci Menuju Pasaman Barat Menyerahkan Bantuan Korban Gempa