Home / Daerah

Rabu, 22 Juni 2022 - 10:45 WIB

Wujudkan Transformasi Digital, 17 Titik Internet Gratis Segera Terealisasi di Kerinci

Inbrita.com, KERINCI. Alokasi 17 titik pemasangan perangkat internet Desa berbasis VSAT Pada Tahun 2022 dari usulan sebanyak 38 titik melalui Pemerintah Provinsi Jambi di beberapa Daerah atau Desa dan 25 Titik akan Terealisasi pada Tahun 2023.” Selasa, 22/06/2022

Berdasarkan Disposisi Bupati Kerinci pada surat Gubernur Jambi Nomor :S 1714/Diskominfo-5.2/VII/2021 tanggal 30 Juli 2021 perihal Permintaan Data Koordinat Desa dan Kelurahan se-Provinsi Jambi. Berkenaan dengan rencana Pemerintah Provisi Jambi untuk memberikan Internet gratis ke desa dan kelurahan se-Provinsi Jambi yang merupakan upaya tindak lanjut dukungan terhadap rencana transformasi digital.

Kadis Kominfo Kabupaten Kerinci Dr. Yannizar SE, M.Si mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan program pemerintah dalam upaya menguatkan infrastruktur telekomunikasi yang merata di setiap daerah dan telah menjadi kebutuhan penting dalam rangka menjawab tantangan di era teknologi digital 4.0 saat ini.

Baca juga :   Loka POM Sungai Penuh Secara Intensitas Lakukan Pengawasan Pangan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H

” Selain untuk memperkuat akses telekomunikasi, pemasangan internet gratis di beberapa Desa ini juga untuk Mempermudah Informasi dan kemudian di tetapkanlah beberapa titik jaringan berbasis VSAT yang akan membackup untuk daerah-daerah blank spot seperti misalnya di sekolah-sekolah di wilayah-wilayah terpencil, dan VSAT di sekolah-sekolah yang ada di wilayah terpencil saja juga masih mengalami kendala, belum maksimal juga. Pada saat jam sekolah, anak-anak tidak bisa maksimal untuk mengakses internet, nanti pada saat malam hari atau pada saat pulang sekolah baru guru-guru bisa menggunakan jaringan internet yang disediakan melalui VSAT,” ungkap Yannizar.

Baca juga :   Walikota Ahmadi Zubir : Lomba Tengkuluk dan Lagu Daerah Ajang Menumbuhkan Rasa Bangga Terhadap Kebudayaan Daerah

Yang jelas, kata Kadis Kominfo menambahkan, keberadaan jaringan internet di Desa yang tidak terjangkau Sinyal dari Telkom sangat penting dalam menunjang infrastruktur pelayanan dasar masyarakat dikawasan Pedesaan. Fasilitas internet merupakan salah satu upaya membangun Desa. Jaringan internet akan menghubungkan segala aktifitas dan mempermudah segala kebutuhan masyarakat, upaya ini juga akan mengeliminir blank spot di daerah 4T.

“Kita yakin pembangunan daerah 4T akan lebih cepat dengan adanya akses internet, untuk itu Desa melalui Dinas Kominfo akan kejar terus progres pemasangan jaringan internet ini,” tegas Kadis Kominfo.

Berita ini 218 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Bintang Gustikha Pratama Siswa MAN 2 Kerinci Lolos Paskibraka Tingkat Nasional

Daerah

Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Pancasila Kota Sungai Penuh Banjir

Daerah

Bupati Kerinci Serahkan Sertifikat Serta Kunci Gedung Nasional Secara Simbolis

Daerah

Dandim 0417 Kerinci Letkol Inf. Ikhsanudin S.Sos.M.M Apresiasi Kegiatan Bersama PWI

Adventorial

Pemkab Kerinci Bentuk Tim Penyusunan Naskah Perbup Tentang Kependudukan

Daerah

Semarak Pawai Obor Menyambut Tahun Baru Islam di Kota Sungai Penuh

Daerah

Pemkab Kerinci Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H /2022 M

Daerah

Kadispora Provinsi Jambi Beri Motivasi Kepada Siswa Seleksi Paskibraka Kota Sungai Penuh