Dampak Konsumsi Kafein Tinggi terhadap Kesehatan Jantung

Avatar photo

- Jurnalis

Senin, 8 Desember 2025 - 23:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Seorang wanita memegang secangkir kopi hitam hangat.

Seorang wanita memegang secangkir kopi hitam hangat.

Jakarta, iNBrita.com – Banyak orang memulai hari dengan kopi untuk menambah fokus. Namun, di balik rasanya yang nikmat, beberapa kebiasaan minum kopi ternyata bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Selama bertahun-tahun, para peneliti meneliti dampak positif dan negatif kafein, terutama pengaruhnya terhadap kesehatan jantung.

Studi Kebiasaan Minum Kopi dan Dampaknya pada Jantung

Sebuah studi yang dipresentasikan pada ACC Asia 2024 di India menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah besar setidaknya lima hari per minggu dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular meski seseorang tampak sehat.

Para peneliti melibatkan 92 partisipan sehat berusia 18–45 tahun. Mereka mengukur tekanan darah dan denyut nadi partisipan, lalu meminta mereka menjalani tes bertahap selama tiga menit. Setelah itu, para peneliti kembali mengukur tekanan darah dan denyut nadi satu menit dan lima menit setelah tes berakhir.

Selain itu, peneliti mengumpulkan data mengenai asupan kafein harian dan latar belakang sosial para peserta.

Baca Juga :  Pemkot Sungai Penuh Pacu Percepatan Penyelesaian TPS3R

Nency Kagathara, MBBS, dari Departemen Penyakit Dalam Zydus Medical College and Hospital di India, menjelaskan bahwa konsumsi kafein secara rutin bisa mengganggu sistem saraf parasimpatis sehingga tekanan darah dan detak jantung meningkat.

Ia menegaskan bahwa studi ini bertujuan melihat bagaimana konsumsi kafein kronis memengaruhi pemulihan detak jantung dan tekanan darah.

Para ilmuwan mendefinisikan konsumsi kafein kronis sebagai kebiasaan minum kopi, teh, soda, atau minuman energi lima hari per minggu selama lebih dari satu tahun.

Temuan Studi

Pada akhir penelitian, peneliti menemukan bahwa 19,6 persen peserta mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein per hari. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi, dua minuman energi, atau 10 kaleng soda.

FDA menyatakan bahwa 400 mg kafein per hari umumnya aman bagi orang dewasa sehat. Namun, FDA menekankan bahwa setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap kafein.

Baca Juga :  Rutan Sungai Penuh Dorong Ketahanan Pangan Warga Binaan

Kafein Tinggi Meningkatkan Detak Jantung dan Tekanan Darah

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi 400 mg kafein setiap hari dalam jangka panjang dapat memengaruhi sistem saraf otonom. Akibatnya, detak jantung meningkat dan tekanan darah cenderung naik.

Peserta yang mengonsumsi 600 mg kafein per hari menunjukkan peningkatan signifikan pada detak jantung dan tekanan darah setelah beristirahat lima menit seusai tes naik turun tangga. Temuan ini menandakan bahwa konsumsi kafein tinggi dapat memperlambat pemulihan tubuh setelah aktivitas fisik.

Kagathara menegaskan bahwa konsumsi kafein rutin dapat meningkatkan risiko hipertensi dan masalah kardiovaskular lain.

Ia juga mendorong masyarakat untuk lebih sadar terhadap risiko tersebut demi menjaga kesehatan jantung.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein per hari bisa menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti kecemasan dan insomnia.

(VVR*)

Follow WhatsApp Channel inbrita.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Cara Menanam Bunga Bakung dan Narcissus Agar Subur
Kode Redeem FF Terbaru 8 Juni 2026 Klaim Diamond
Pagar Baru dari KMH, Sekolah Lebih Aman Nyaman
Sekda Alpian Hadiri Penutupan Program BioCF ISFL Jambi
Indonesia Mulai Kemarau Mei 2026, Ini Wilayah Terdampak
Megawati Hangestri Resmi Mundur dari Timnas Voli
Monadi Apresiasi Asesmen Komdigi Percepat Transformasi Digital
Bupati Kerinci Revitalisasi Wisata Air Panas Sungai Medang
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 Juni 2026 - 00:00 WIB

Cara Menanam Bunga Bakung dan Narcissus Agar Subur

Senin, 8 Juni 2026 - 01:00 WIB

Kode Redeem FF Terbaru 8 Juni 2026 Klaim Diamond

Rabu, 6 Mei 2026 - 17:00 WIB

Pagar Baru dari KMH, Sekolah Lebih Aman Nyaman

Senin, 4 Mei 2026 - 17:00 WIB

Sekda Alpian Hadiri Penutupan Program BioCF ISFL Jambi

Jumat, 1 Mei 2026 - 18:00 WIB

Indonesia Mulai Kemarau Mei 2026, Ini Wilayah Terdampak

Berita Terbaru

Bunga daisy mekar dengan kelopak putih dan pusat kuning cerah. ( Foto Pexels)

Pendidikan

Arti Bunga Daisy Cantik Simbol Kesetiaan dan Cinta

Sabtu, 13 Jun 2026 - 00:00 WIB

Ishak (76) berjuang melawan stroke di tengah keterbatasan hidup. (Istimewa)

KERINCI

Ishak Berjuang Melawan Stroke di Tengah Keterbatasan Hidup

Kamis, 11 Jun 2026 - 21:00 WIB

Foto: Ilustrasi Trading (Istimewa)

Ekonomi

Harga Emas Naik Tajam, Investor Berburu Logam Mulia

Kamis, 11 Jun 2026 - 21:00 WIB

Sebuah kendaraan listrik melakukan pengisian daya di stasiun charging, mencerminkan tren peningkatan penggunaan EV(Foto :carnewschina.com)

Teknologi

EV Kuasai Pasar China Mei 2026, Penjualan ICE Anjlok

Kamis, 11 Jun 2026 - 15:00 WIB

Ilustrasi emas batangan Antam. Harga emas hari ini turun ke level Rp2,6 juta per gram.(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Ekonomi

Harga Emas Antam Anjlok Tajam Hari Ini, Saatnya Beli?

Kamis, 11 Jun 2026 - 14:00 WIB