Home / Daerah

Rabu, 3 Agustus 2022 - 20:48 WIB

Manfaatkan TKD ,BUMDes Sungai Rumpun Panen Kentang Perdana

Inbrita.com, Kerinci – BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa ) Danau Undan (DAUN)Desa Sungai Rumpun Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci Jambi melakukan kegiatan panen kentang untuk kali pertama di lokasi Tanah Kas Desa( TKD ). Rabu ( 03/08/2022 ).

Hadir dalam kegiatan ini kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs.Syahril Hayadi, M.Si beserta dengan Kabid Keuangan dan Aset, Kasi Bumdes, Pirdinal, SPd ,MM

Syahril Hayadi mengatakan,bangga bisa ikut melaksanakan panen perdana BUMDes Sungai Rumpun, tentu harapan kedepannya lahan milik desa bisa bekerja sama dengan masyarakat, memanfaatkan TKD ini, sehingga tujuan utama pendirian bumdes itu dirasakan manfaat untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Ia juga menuturkan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan panen ini bisa menambahkan semangat dan motivasi kepada bumdes-bumdes yang ada di desa lain dengan segala macam potensi yang dipunyainya sesuai dengan keragaman dan kearifan lokal yang dimiliki desa itu sendiri.

Baca juga :   Petugas Kebersihan Khincai Plaza meninggal di Sebuah Salon

H.Herman Sawiran adalah pelopor dari terlaksana dengan suksesnya kegiatan pengelolaan BUMDes dimulai dari pendirian hingga mencapai hasil seperti sekarang ini,itu tidak luput dari dukungan moril dan materil dari seorang Kepala Desa, yang saat ini sudah menjabat kali ke-tiga,

Kepala Desa Sungai Rumpun H.Herman Sawiran, merasa bangga dan bahagia karena Sungai Rumpun selain potensi wisata juga diarahkan BUMDes supaya bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dengan mengupayakan bibit-bibit kentang yang unggul. Mengingat masyarakat yang ada di Sungai Rumpun mayoritas berprofesi sebagai petani.

H.Herman Sawiran optimis dengan menggunakan bibit unggul hasil panen bisa lebih maksimal.Kedepannya berencana akan mendaftarkan legalitas dan badan hukumnya sesuai arahan dari kepala dinas.

“saya optimis untuk kedepan BUMDes desa saya mampu menyumbangkan PADes dengan jumlah banyak. Sehingga semua masyarakat dapat menerima manfaatnya.” Tutupnya.

Baca juga :   Pemkab Kerinci Menuju Pasaman Barat Menyerahkan Bantuan Korban Gempa

Dalam kesempatan panen perdana ini disaksikan langsung oleh utusan dari Kantor Kecamatan Gunung Tujuh, Pendamping Kecamatan/Desa, Perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggota, beberapa tokoh masyarakat Desa Sungai Rumpun, serta seluruh anggota BUMDes.

Ketua BUMDes Wirdimin juga menyampaikan dengan telah didirikannya BUMDes DAUN ( DANAU UNDAN ), dengan Memanfaatkan lokasi lahan tanah TKD yang kurang lebih 2 ha, kedepannya diharapkan akan terisi semua oleh komoditi palawija.Sekarang sudah mulai berkembang,dan anggota yang sudah tidak sedikit menggambarkan bahwa BUMDes Desa Sungai Rumpun sudah bisa dikatakan sebagai BUMDes berkembang yang kearah maju

“ untuk saat ini anggota kelompok kami sudah 20 orang, jadi BUMDes jalan dan Tanah TKD juga sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.ucapWirdimin Ketua BUMDes

Berita ini 108 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Sekda Budhi Hartono,Terima Kunjungan Anggota DPR RI Komisi V

Daerah

Selesaikan Konflik, Wabup Kerinci Minta Warga Semerap dan Muak Menahan Diri

Daerah

Pemkot Sungai Penuh Gelar Rakor Rembuk Stunting Tahun 2024

Daerah

Fadella & Fairel Guest House Tempat Istirahat Ternyaman di Kota Sungai Penuh

Daerah

Lambang Kota Sungai Penuh Diinjak-injak, Pelecehan Luar Biasa Terhadap Agama, Adat Istiadat dan Budaya

Daerah

Wako Ahmadi Lantik 4 Pejabat Eselon II

Adventorial

Wakil Walikota Alvia Santoni Kukuhkan 60 Anggota Paskibraka Kota Sungai Penuh Dengan Menerapkan Protokol Covid-19

Daerah

Pj. Bupati Kerinci ASRAF Buka High Level Meeting TPID Perkuat Stabilitas Harga Pangan