Home / Daerah

Selasa, 19 April 2022 - 14:41 WIB

BMKG Depati Parbo Kerinci Prediksi Cuaca Extream

INBRiTA.COM, SUNGAI PENUH : Kepala  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Depati Parbo Kerinci Kurnia Ningsih menyampaikan bulan April hingga Mei 2022 ini merupakan masa pancaroba,yaitu peralihan dari musim kemarau  kemusim  penghujan,pada masa pancaroba akan berpotensi terjadinya cuaca ekstrim sangat besar , yaitu berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang disebabkan oleh pertumbuhan awan  cumulonimbus. 
 
“dari april ini merupakan pancaroba atau perubahan cuaca sehingga berpotensi adanya cuaca extream”ungkap Kurnia Ningsih Selasa (19/04/2022).
 
Sehingga masyarakat perlu mewaspadai adanya cuaca extrim, cuaca ekstrim sendiri dapat mengakibatkan terjadinya , banjir bandang, longsor pada daerah yang rawan longsor, jalanan licin,dan waspada juga  pohon serta baliho tumbang akibat angin kencang,dan petir kencang.
 
Di ketahui Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupakan wilayah yang rawan banjir dan juga longsor,dimana di setiap musim penghujan dua wilayah tersebut selalu menjadi langganan banjir dan juga longsor,apalagi adanya cuaca extream sehingga masyarakat di minta dapat mewaspadai hal tersebut terutama warga yang berada di bantaran sungai, demikian juga dengan pemerinah setempat untuk dapat mengantisipasi jika terjadi bencana banjir dan longsor.
 
“ya kita ketahui kerinci dan sungai penuh sering terjadi banjir dan longsor jadi perlu adanya antisipasi dari pemda dan warga,sehingga dampaknya tidak terlalu di rasakan warga”tutup Kepala BMKG.

Berita ini 171 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

PJ.Sekda Kerinci, Asraf S.Pt. M.Si, Membuka Turnamen Sepak Bola Piala Raja Desa Seleman

Daerah

Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir Terima Kunjungan Sulaturahmi Gubernur Sumatera Barat

Daerah

Sekda Alpian Membuka Sosialisasi Perda Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Daerah

Bintang Gustikha Pratama Siswa MAN 2 Kerinci Lolos Paskibraka Tingkat Nasional

Daerah

Festival Kerinci Ke XX Tahun 2022 Resmi Dibuka

Daerah

Foto Ahmadi – Al Haris dan Grup WA Koto Keras Heboh, Cari Yang Terbaik, Ahmadi Pastikan Tidak Dukung Syafril Nursal

Daerah

Gubernur Al Haris Membuka MTQ ke 51 Jambi di Kota Sungai Penuh

Daerah

Baznas Kota Sungai Penuh Serahkan Bantuan Modal Usaha kepada 78 Mustahiq