Home / Daerah

Selasa, 19 April 2022 - 14:41 WIB

BMKG Depati Parbo Kerinci Prediksi Cuaca Extream

INBRiTA.COM, SUNGAI PENUH : Kepala  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Depati Parbo Kerinci Kurnia Ningsih menyampaikan bulan April hingga Mei 2022 ini merupakan masa pancaroba,yaitu peralihan dari musim kemarau  kemusim  penghujan,pada masa pancaroba akan berpotensi terjadinya cuaca ekstrim sangat besar , yaitu berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang disebabkan oleh pertumbuhan awan  cumulonimbus. 
 
“dari april ini merupakan pancaroba atau perubahan cuaca sehingga berpotensi adanya cuaca extream”ungkap Kurnia Ningsih Selasa (19/04/2022).
 
Sehingga masyarakat perlu mewaspadai adanya cuaca extrim, cuaca ekstrim sendiri dapat mengakibatkan terjadinya , banjir bandang, longsor pada daerah yang rawan longsor, jalanan licin,dan waspada juga  pohon serta baliho tumbang akibat angin kencang,dan petir kencang.
 
Di ketahui Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupakan wilayah yang rawan banjir dan juga longsor,dimana di setiap musim penghujan dua wilayah tersebut selalu menjadi langganan banjir dan juga longsor,apalagi adanya cuaca extream sehingga masyarakat di minta dapat mewaspadai hal tersebut terutama warga yang berada di bantaran sungai, demikian juga dengan pemerinah setempat untuk dapat mengantisipasi jika terjadi bencana banjir dan longsor.
 
“ya kita ketahui kerinci dan sungai penuh sering terjadi banjir dan longsor jadi perlu adanya antisipasi dari pemda dan warga,sehingga dampaknya tidak terlalu di rasakan warga”tutup Kepala BMKG.

Berita ini 339 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Selamat Jalan Kopda Hendrianto Kami Semua Mencintai Mu…!

Daerah

Wako Ahmadi Kukuhkan Pengurus LPTQ Periode 2022-2027 dan Serahkan Bantuan Dana Hibah

Daerah

Dedi Iryanto : Bantu Petugas,Buang Sampah Sesuai Jadwal

Daerah

36 Satker Mitra KPPN Sungai Penuh Telah Mencairkan Pembayaran THR

Daerah

Dishub Kota Sungai Tertibkan Parkir Liar dan Mobil Parkir di KTL

Daerah

Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Bulog Cabang Kerinci Launching Bantuan Pangan Beras

Daerah

Wako Sungai Penuh Ahmadi Beri Bantuan Korban Kebakaran

Daerah

HARPI Kota Sungai Penuh Adakan Kunker ke Bangka Belitung