Home / Daerah

Kamis, 12 Mei 2022 - 21:22 WIB

Dinas PUPR Kerinci Siapkan Anggaran Rp500 juta Perbaikan Irigasi

INBRITA.COM, Kerinci: Sebagai upaya dalam meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Kerinci, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Bidang Sumber Daya Air telah menganggarkan dana sebesar Rp.500 juta rupiah untuk memperbaiki irigasi perawahan yang rusak di wilayah Desa Koto Aro Kecamatan Siulak.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Kerinci Anto menyebutkan, anggaran Rp.500 juta yang disiapkan ini untuk melakukan perbaikan saluran irigasi sepanjang 50 meter, dimana proses pengerjaannya saat ini masih dalam tahap tender, yang dalam waktu dekat akan seger ditetapkan pemenangnya hingga dilanjutkan dengan proses pembangunan.

Baca juga :   Satu Unit Rumah Warga Desa Telago Biru Siulak Ludes Terbakar

“Sebelumnya untuk menanggulangi irigasi yang rusak ini, kami sudah memasang pipa melalui kegitan tanggap darurat, tapi tidak berjalan maksimal, kareno kemarin sempat lama tidak ada hujan, jadi kekeringan,” Jelas Anto, Kamis (12/05/2022).

Ditambahkannya, karena sepanjang saluran irigasi terlihat tumpukan sampah hingga menyebabkan terjadinya penyumbatan, maka warga diminta agar tidak membuang sampah disaluran irigasi tersebut.

Baca juga :   AKP Edi Mardi Siswoyo, SE, MM Sosok Polisi Yang Baik Selalu Jadi Idola

“Coba kalau kita lihat, selain irigasinya ada yang rusak, banyak jugo sampah yang menumpung di aliran irigasi tersebut, akibatnya tersumbat dan air tidak lancar mengalir” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, saluran irigasi yang berada di Desa Koto Aro ini, berfungsi mengairi puluhan hektar sawah milik warga setempat. Namun sejak rusak dan tidak berfungsi, warga tidak bisa menggarap lahan sawah milik mereka karena kekeringan.

Berita ini 682 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolsek Danau Kerinci AKP Edi Mardi Siswoyo SE.MM : Hati-hati Kendaraan Roda Dua Tidak Bisa Melintas

Daerah

Sekda Alpian Buka Orientasi PPPK Lingkup Pemkot Sungai Penuh.

Daerah

Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Bulog Cabang Kerinci Launching Bantuan Pangan Beras

Daerah

Ahmadi Masih Kuat dan Mengakar, Apalagi Ditambah Militansi Kader PKS Jika Berkoalisi

Daerah

Jurnalis dan LSM Desak Kepala Inspektorat Muaro Jambi Dicopot

Daerah

PJ Bupati Merangin Terima Penghargaan dari Ombudsman

Daerah

Jelang Ramadhan Harga Gas Elpiji Naik

Daerah

Ketua TP-PKK Herlina Ahmadi Hadiri Ladies Program