Home / Daerah

Rabu, 22 Juni 2022 - 06:07 WIB

Penyerahan Sertifikat Organik, Armen : Pertanian Organik Harus Berkembang di Kota Sungai Penuh

KBRN, Sungai Penuh : Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh Armen menyerahkan sertifikat organik kepada Mardizal Penggiat dan Petani Organik bertempat di kantor BPP Kecamatan Sungai Bungkal, Desa Talang Lindung, Selasa, 21/6/2022.

Armen mengatakan sebelum tahun delapan puluhan petani tidak mengenal pupuk sintetis dan pestisida kimia, “saat itu petani tidak mengenal pupuk kimia, yang dipakai hanya organik, coba lihat di sawah padi tumbuh subur, belut banyak, petani pun sehat,” sebutnya.

Lanjutnya, sejak tahun sembilan puluhan sampai sekarang mulai berkembang pupuk kimia, pestisida kimia, herbisida kimia. Bahan kimia inilah yang merusak tanah serta membunuh hewan sawah seperti belut, cacing.

Baca juga :   IAS Tegaskan :Kasus Tahun 2016 Proses Hukum Sudah Selesai

Jika terus bertani secara konvensional maka tanah akan tandus, biaya produksi makin membengkak yang dipicu harga pupuk sintetis dan pestisida kimia terus naik, lingkungan rusak serta tidak baik untuk kesehatan.

“Saya berterimakasih pada Mardizal selaku penggiat dan petani organik yang telah mengembangkan pertanian organik. Tidak mudah mendapatkan sertifikat organik ini. Setahu saya di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh baru inilah mendapatkan sertifikat organik nasional.” jelas Armen.

Baca juga :   DPRD Gelar Rapat Mendengarkan Pendapat Akhir Fraksi Terhadap Ranperda APBD TA 2023

Armen mengajak kepada semua anggota kelompok tani agar mulai beralih cara bertani kembali ke alam. Sebab alam sudah menyediakan seluruh yang dibutuhkan tanaman. “Kunci bertani organik adalah rajin dan disiplin.” tuntas Armen

Acara penyerahan dan penandatanganan sertifat organik dihadiri Kabid TPH, Kasi, Koordinator BPP, Koordinator POPT, PPL, POPT dan kelompok tani dalam Kota Sungai Penuh.

Berita ini 275 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Harga Cabe di Kerinci Naik 70 Ribu Perkilo

Daerah

Wako Ahmadi Hadiri Rapat Finalisasi Sholat Idul Fitri 1444 H

Daerah

Sijago merah melahap satu unit rumah warga Semerah Kabupaten Kerinci.

Daerah

Keluarga Besar SPBU 24.371.20 Pelayang Raya Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah

Daerah

Warga Muara Hemat Resah,Ada Jejak Harimau

Daerah

Politik Uang Bukan Jaminan Masyarakat Berikan Hak Suara

Covid-19

Kelurahan Sungai Penuh Targetkan Puluhan Orang Lansia Untuk di Vaksinasi

Daerah

Ketua IWO Kota Sungai Penuh dan Kerinci DPT Donni Efendi Angkat Bicara